Jumat, 26 Agustus 2011

kata ganti dan perkenalan kasus dalam bahasa Suomi


I. Kata ganti orang dalam bahasa Suomi

kata ganti
kopula
arti
keterangan
minä
olen
saya

sinä
olet
kamu
bentuk informal
hän
on
dia
baik menunjuk ke lelaki maupun perempuan
se
on
itu/dia
digunakan untuk menunjuk ke benda mati, namun dalam bahasa percakapan sehari-hari, dapat pula merujuk ke benda hidup.
me
olemme
kami

te
olette
Anda/ Kalian
berarti Kalian jika lawan bicara lebih dari satu, berarti Anda jika lawan bicara hanya satu.
he
ovat
mereka

ne
on
mereka
khusus merujuk pada benda hidup.

II. Kasus

Didalam bahasa Suomi dikenal enam belas kasus; empat kasus gramatikal, tiga kasus internal, tiga kasus eksternal, dan lima kasus marginal. Ilustrasinya digambarkan dalam tabel dibawah ini:

Kasus
Kasus
Sufiks
Mirip dengan preposisi
Contoh
Arti
Grammatikal
nominatiivi

-
Talo on helppo sana.
Rumah adalah sebuah kata yang mudah.
genetiivi
-n
daripada
En pidä tämän talon väristä.
Saya tidak suka warna daripada rumah ini
akkusatiivi
- atau -n
- (objek keseluruhan)
Maalaan talon. Auta maalaamaan talo!
Saya akan mengecat rumah itu. Bantu aku mengecat rumah itu!
partitiivi
-(t)a
- (objek sebagian)
Maalaan taloa.
Saya mengecat rumah.
Lokativ (internal)
inessiivi
-ssa
di (umum)
Asun talossa.
Saya tinggal di rumah itu
elatiivi
-sta
dari/keluar (khusus)
Poistu talostani!
Keluarlah dari rumahku!
illatiivi
-an, -en,.
kedalam/masuk
Menen hänen taloonsa.
Saya masuk kedalam rumahnya
Lokativ (eksternal)
adessiivi
-lla
di (khusus)/ pada
Nähdään talolla!
Sampai ketemu di rumah itu!
ablatiivi
-lta
dari
Kiersin talolta toiselle.
Saya berjalan dari satu rumah kerumah yang lain.
allatiivi
-lle
ke
Koska saavut talolle?
Kapan kamu sampai ke rumahku?
Marginal
essiivi
-na
sebagai
Käytätkö tätä hökkeliä talona?
Apakah kamu menggunakan gubuk ini sebagai rumah?
translatiivi
-ksi
mengubah menjadi
Muutan sen taloksi.
Saya akan mengubahnya menjadi rumah
instruktiivi
-n
dengan
He levittivät sanomaansa rakentaminensa taloin.
Mereka mengirimkan pesan dengan rumah yang mereka buat.
abessiivi
-tta
tanpa
On vaikeaa elää talotta.
Sulit untuk hidup tanpa rumah
komitatiivi
-ne-
bersama (dengan)
Hän vaikuttaa varakkaalta monine taloineen.
Ia menjadi sangat makmur, dengan banyak rumah yang ia punya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates