Minggu, 02 Oktober 2011

Sulitnya Belajar Bahasa Asing


Sulitnya Belajar Bahasa Asing

Riani Dwi Lestari

JAKARTA - Adakah di antara kamu yang masih tidak menguasai bahasa asing? Mungkin kalau jaman sekarang, rasanya tidak ada lagi mahasiswa yang tidak bisa bahasa asing.

Apalagi Bahasa Inggris, sebab hampir semua jenjang pendidikan mengajarkan Bahasa Inggris. Bahkan beberapa sekolah swasta mengajarkan bahasa asing lainnya seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Arab dan Bahasa Prancis.

Meski diajarkan di berbagai jenjang pendidikan, namun tidak sedikit juga murid atau mahasiswa bisa menguasainya. Contohnya mahasiswa Universitas Pancasila, Adri Fauzan.

Dia diajarkan Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris sewaktu sekolah, dan tetap belajar bahasa Inggris selagi kuliah, namun dia mengaku, sama sekali tidak paham.

"Bahasa Inggris memang sulit, apalagi bahasa Mandarin. Kebetulan saya mengalami kesulitan pada bahasa Mandarin sewaktu sekolah, sebab tidak hanya sulit pengucapan, tetapi juga sulit membaca tulisannya. Bahasa Inggris juga sama," kata mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis tersebut, ketika dihubungi okezone, Senin (5/9/2011).

Bagi Adri, mempelajari bahasa asing, sama seperti mempelajari fisika atau kimia, karena selain menggunakan pengucapan yang berbeda dengan bahasa sehari-hari, mata kuliah bahasa asing juga memiliki standar tertentu.

"Baik bahasa Inggris dan bahasa Mandarin, masing-masing beda tulisan dan berbeda pula cara membacanya. Hal itu membuat saya bingung, makanya saya jarang mendapat nilai bagus pada dua bahasa tersebut," aku Adri.

Adri menganggap, belajar bahasa asing cukup menantang, tidak hanya dari bahasa asing itu sendiri, tetapi, untuk menguasainya diperlukan biaya yang cukup besar.

"Contohnya saja les Bahasa Inggris yang saya ikuti di satu Lembaga Bahasa di Depok, bagi saya biaya yang orangtua saya keluarkan untuk les, cukup besar per semesternya," imbuhnya.

Meski sulit dan butuhkan banyak hapalan, Adri melanjutkan, dirinya tetap berusaha belajar agar menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

"Terutama Bahasa Inggris yang sangat diperlukan, bukan hanya membantu saya ketika membaca buku berbahasa Inggris saja, tetapi juga untuk perkuliahan lainnya," ungkap mahasiswa semester empat tersebut.(rhs)



kampus.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates