Minggu, 02 Oktober 2011

Tata Bahasa, Masalah Umum Belajar Bahasa Asing


Riani Dwi Lestari
JAKARTA - Mempelajari bahasa asing, merupakan suatu kewajaran jika menemukan kendala. Banyak hal yang mungkin saja bisa menjadi kendala mahasiswa selagi menjalani proses penguasaan bahasa asing.

Masalah umum yang kerap dialami mahasiswa dalam mempelajari bahasa asing biasanya terletak pada kendala tata bahasa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan grammar.

Definisi tata bahasa yang dikutip dari wikipedia, adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Ilmu ini merupakan bagian dari bidang ilmu yang mempelajari bahasa, yaitu linguistik.

Beberapa mahasiswa sendiri mengaku kesulitan dalam mempelajari tata bahasa. Seperti yang dialami mahasiswi The London School of Public Relation, Citra Ayu.

"Aku bisa bahasa Inggris, namun belum terlalu fasih. Jujur saja aku mengalami kesulitan ketika belajar tata bahasa. Karena rumit, dan sering kali terbolak-balik," aku Citra melalui Blackberry Messanger (BBM), Senin (5/9/2011).

Menurut Citra, tata bahasa merupakan bagian krusial dalam penguasaan bahasa asing,

"Karena jika salah meletakkan kata dan salah tulisan, maka artinya akan berbeda sekali. Selanjutnya jika salah sedikit maka akan pengaruhi keseluruhan kalimat, semua jadi salah," lanjutnya mahasiswi yang sedang menyelesaikan tesis tersebut.

Hal serupa juga dialami mahasiswi tingkat akhir Universitas Pakuan Bogor, Ria Mulyanti. Bedanya, Ria tengah mempelajari bahasa Korea.

"Sebenarnya saya tidak terlalu banyak menemukan kesulitan pada bahas Korea. Hanya sja, ketika masuk pada bagian tata bahasa, saya agak kesulitan," jelas Ria.

Dalam bahasa Korea, lanjut Ria, tergantung kalimat yang digunakan. "Makanya, dalam urusan tata bahasa bisa dipelajari dengan memenggal beberapa kata, frase, dan kalimat," lanjut mahasiswi berkerudung tersebut.

Memang cukup sulit mempelajari dasar-dasar dalam bahasa asing, namun hal tersebut merupakan hal yang paling penting. Sebab, tata bahasa bisa menunjukkan apa konteks yang ingin dikemukakan dalam satu kalimat.

Apakah kamu juga mengalami kesulitan yang sama ketika mempelajari satu bahasa asing? (rhs)
kampus.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates