Jumat, 17 November 2017

Menggunakan Google Translate secara Bijak


Siapa yang tak kenal dengan Google Translate (GT)? Penerjemah otomatis berbasis dalam jaringan besutan Google.inc ini acapkali digunakan oleh para mahasiswa/siswa untuk menerjemahkan berbagai artikel berbahasa asing (terutama bahasa Inggris) untuk dimasukkan ke makalah mereka. Bahkan ada juga orang yang menggunakan GT untuk sekadar menerjemahkan ungkapan cinta atau gombal ke dalam bahasa asing agar terlihat keren. Apa kamu juga sering menggunakan GT untuk tujuan ini? Hayo ngaku.. Hehe… Nah, di artikel ini kita akan belajar bagaimana sih menggunakan GT secara bijak dan sebelum kita melangkah lebih jauh, yuk kita kupas dulu bagaimana cara kerja GT! Mari disimak video berikut:

GT tidak diprogram berdasarkan aturan gramatika bahasa bersangkutan, melainkan diprogram berdasarkan analisis statistik dari terjemahan yang dilakukan oleh jutaan user. Hal ini diamini oleh Franz Och, ahli informatika yang berkecimpung dalam pengembangan GT. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwasanya sistem penerjemahan GT bukanlah dari satu bahasa ke bahasa lain secara langsung. (L1 L2), melainkan diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Inggris, lalu kemudian ke bahasa target. (L1 EN L2). Dengan demikian, kemungkinan bias gramatika dan idiom yang terjadi pada GT akan sangat besar. Nah loh! Jadi gimana dong menggunakan GT dengan bijak?

GT sangat berguna untuk memahami pikiran pokok dari suatu paragraf/ide dalam bahasa lain. Misalnya kamu menemukan suatu paragraf dalam bahasa Prancis, lalu diterjemahkan di GT. “Oh ternyata paragraf ini bercerita tentang A dan B, lalu ada C dan D.” sudah, sekedar itu saja. Sekali lagi ditekankan, pada poin ini, GT sangat berguna. Di sisi lain GT juga cukup akurat dalam memberikan alih aksara (alih aksara ya, bukan cara baca) dari bahasa-bahasa yang menggunakan aksara yg berbeda. Seperti bahasa Rusia, Mandarin, Korea, dan Jepang.

Nah bagaimana dengan sisi kelam dari GT itu sendiri? Here it isGT sangat tidak cocok untuk menerjemahkan suatu paragraf berbahasa Indonesia ke bahasa lainnya. Misalnya kamu menuliskan beberapa kalimat gombalan berbahasa Indonesia, lalu kamu terjemahkan ke bahasa Jerman. It’s big no! Jangan lakukan itu, karena kalau kamu lakukan itu, berarti kamu berusaha untuk memperkosa aturan-aturan dalam bahasa Jerman! Wahaha lebay ya, pokoknya jangan karena berisiko salah dan ngaco. Malu ‘kan kalau dibaca penutur asli atau orang yang ngerti. :))

Satu hal yang perlu kamu ingat: Ada puluhan bahasa dalam GT, masing-masing bahasa memiliki tingkat kepercayaan penerjemahan yang berbeda-beda. Bahasa yang penerjemahannya cukup baik dalam GT adalah bahasa Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis. Lain lagi dengan bahasa seperti Arab, Filipina, Jepang, Rusia, Indonesia, dan Turki, penerjemahan pada bahasa-bahasa ini masih belum baik. Itu sebabnya di penjelasan sebelumnya kita tak diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia untuk melakukan penerjemahan ke bahasa lainnya. Terjemahan dari bahasa Inggris aja masih sering ngaco, apalagi pake bahasa Indonesia! :p

Nah itulah guys selayang pandang tentang GT. Sekarang udah tahu kan bagaimana cara menggunakan GT dengan baik? Mulai sekarang, mari kita menggunakan GT secara bijak!


Happy GT-ing! :D

---

Tulisan-tulisan the Glotivist dapat disebarluaskan dan disalin secara luas. Akan tetapi, demi menghargai ilmu pengetahuan, setiap bentuk penyebarluasan tulisan the Glotivist harap memberikan credit dan menyebut Blog The Glotivist.

The Glotivist

2017

1 komentar:

If you're trying to lose pounds then you have to get on this totally brand new custom keto plan.

To design this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional chefs united to provide keto meal plans that are powerful, decent, cost-efficient, and enjoyable.

From their launch in January 2019, 1000's of individuals have already remodeled their figure and well-being with the benefits a great keto plan can offer.

Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto plan.

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates