Rabu, 29 Mei 2013

Proses pada model building

1.     Model building
Adalah sebuah proses menerjemahkan model konseptual (tertulis) menjadi sebuah simulasi komputer. Contohnya adalah pada software promodel, model konseptualnya adalah Entity Flow Diagram dan skenario. Kemudian proses kita menerjemahkan entity flow diagram dan skenario tersebut ke dalam simulasi di promodel itulah yang disebut model building.

Contoh model building dalam praktikum simulasi komputer:


Gambar 1.1
Entity flow diagram pada proses pembuatan notebook.

Entity flow diagram diolah menjadi sebuah simulasi seperti dibawah ini:



Gambar 1.2
Proses simulasi pada proses pembuatan notebook.

2.     Analisis output
Analisis output adalah proses mengamati output yang terjadi dalam suatu simulasi. Misal dalam proses software promodel dalam pembuatan notebook, maka kita analisis outputnya seperti komponen keuntungan, produk yang dihasilkan per periode, apakah sudah baik dan sesuai dengan target atau belum, apakah sudah sesuai dengan kemampuan perusahaan atau belum. Proses itulah yang dinamakan dengan analisis output.


Gambar 2.1
Analisis Output pada proses pembuatan notebook

Pada gambar diatas, setelah proses simulasi selesai, didapatkan hasil existing sebagai berikut, dari tabel inilah kita bisa memberikan analisis apakah output semacam ini sudah optimal atau masih perlu perbaikan.

3.     Verifikasi & Validasi

Gambar 3.1
Proses validasi dan verifikasi

Verifikasi adalah suatu proses di mana kita mengecek apakah ada kesalahan dalam model yang dibuat? apakah simulasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan? Di sinilah proses verifikasi dilakukan. Proses verifikasi pada gambar diatas menyangkut inspeksi, analisis statis dan pengujian.

Setelah kita membangun model konseptual, maka kita harus menguji apakah model konseptual tersebut merupakan representasi akurat dari sistem nyata. Inilah yang dinamakan dengan proses validasi. Proses validasi pada gambar diatas menyangkut umpan balik pengguna dan pengujian guna.

4.     Comparing system
Comparing system adalah di mana kita membandingkan sistem dengan model, apakah sudah sesuai apakah belum.

5.     Optimalisasi


Gambar 5.1
Proses Optimalisasi pada proses pengolahan sumber air.

Proses di mana sebuah model yang dibuat dilakukan proses optimalisasi, apa yang kurang-kurang maka akan diperbaiki, apa yang tidak maksimal maka akan dimaksimalkan. Sebagai contoh dalam sebuah simulasi sebuah proses produksi notebook, maka proses optimalisasinya adalah bagaimana bentuk simulasi yang terbaik untuk memaksimalkan keuntungan, contohnya dengan menambah operator atau menambah jumlah mesin dan meminimasi ongkos produksi. Proses mencari cara untuk menghasilkan solusi optimal dalam permasalahan simulasi inilah yang disebut optimalisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates