Selasa, 13 Maret 2012

Esperanto XVI


1. Kata keterangan penunjuk tempat
Kata keterangan penunjuk tempat merujuk kepada kata tunjuk "disini" "kesana" dsb. Bahasa Esperanto memakai 'tie' untuk mengatakan "disana" dan 'ĉi tie' untuk mengatakan "disini". Contoh:
La telero estas tie
(piring itu ada disini)

La libroj kuŝas ĉi tie
(buku-buku itu terletak disini)

Mi trovis vin tie kaj lin tie ĉi
(aku menemukanmu disini dan dia disana)

Tie la vetero ŝaj nas tre agrabla
(disana cuaca sangat bersahabat)

Sedang untuk menunjukkan arah tempat, tambahkan tie & ĉi tie dengan +n. Sehingga: tien (kesana) dan ĉi tien (kesini)
Li iros tien
(ia akan pergi kesana)

Mi venis ĉi tien
(saya pergi kesana)

Ni estis tie, kaj venis ĉi tien
(kami [dulu] disana dan datang kesini)

2. Pendampingan
Gunakan preposisi kun (dengan) untuk menyatakan pendampingan:
La viro venis kun sia amiko
(Pria itu datang dengan temannya)

Mi promenos kun vi
(Aku akan berjalan denganmu)

La knabo kun tiu viro estas lia frato
(Seorang anak dengan pria itu adalah saudara laki-lakinya.)

3. Penggunaan povi
Povi dapat diartikan "bisa" "mampu" "dapat", menunjukkan kemampuan dalam melakukan sesuatu. Contoh penggunaannya:
Mi povas paroli
(saya dapat berbicara)

Mi povis paroli
(saya [dulu] dapat berbicara)

Mi povos paroli
(saya akan dapat berbicara)

Mi volas povi paroli
(saya ingin dapat berbicara)

4. Penggunaan kata keterangan "for"
Gunakan imbuhan for pada awal kata kerja untuk memberikan arti 'paksaan'.
iri (pergi) --> foriri ([terpaksa pergi] mengusir pergi)
kuri (berlari) --> forkuri ([terpaksa berlari] = melarikan diri)
preni (mengambil) --> forpreni ([terpaksa mengambil] = mencuri)

Kosa kata:
glavo (pedang)
horo (jam)
lasi (meninggalkan)
peli (mengendarai, mengejar)
rajdi (menunggangi)
rapidi (mempercepat)
resti (menyisakan)
voki (memanggil)
saga (bijak)
tie (disana)
el (daripada)
frua (dini, awal)
kun (dengan)

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates