Jumat, 06 April 2012

Bahasa Vietnam


Peta Vietnam


Teluk Ha Long





















Bahasa Vietnam atau dikenal juga sebagai bahasa Annam, adalah anggota dari rumpun bahasa Mon-Khmer, keluarga bahasa Austro-Asiatik dituturkan oleh lebih dari 66 juta orang di Vietnam. Bahasa Vietnam juga dituturkan di Australia, Kamboja, Kanada, China, Pantai Gading, Finlandia, Prancis, Jerman, Amerika Serikat, Laos dan Thailand, jumlah keseluruhan penutur adalah 68 juta orang (survey Ethnologue).

Berdasarkan catatan sejarah, nenek moyang orang Vietnam berasal dari daerah sungai merah yang terletak di Vietnam utara dan kemudian menyebar ke daerah selatan dengan membawa pengaruh dari bahasa Mandarin.

Setelah revolusi yang menggulingkan rezim kolonial Prancis di negeri itu, bahasa Vietnam menjadi bahasa nasional dan bahasa resmi, otomatis bahasa ini dipakai sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan dan media disana.

Dulunya bahasa Vietnam ditulis dalam karakter Hanzi (kanji) yang dimodifikasi yang dikenal sebagai karakter Chu-nom (chữ nôm, 字喃), Pada abad 10 sampai abad 2 sebelum masehi Vietnam adalah bagian dari provinsi China, karakter Chu nom mulai dipakai untuk menyesuaikan bunyi bahasa Vietnam yang tidak ada di bahasa Mandarin. Pada zaman modern sekarang ini, bahasa Vietnam ditulis dalam huruf latin yang telah disesuaikan dan dikembangkan oleh Misionaris Prancis Alexandre de Rhodes (1591-1660), huruf latin yang dikembangkan beliau pada saat itu terbatas pada pemakaian ritual keagamaan, namun kemudian fungsinya bertambah luas dan dipakai dalam berbagai bidang dan menjadi abjad yang dominan pada awal abad 20 ketika pendidikan di Vietnam mulai berkembang.

Abjad Vietnam

Aa
Ăă 
Ââ 
Bb
Cc
Dd
Đđ 
Ee
Êê 
Gg
Hh
Ii
Kk
Ll
Mm
Nn
Oo
Ôô 
Ơơ
Pp
Qq
Rr
Ss
Tt
Uu
Ưư
Vv
Xx
Yy

Huruf f, j, w, dan z tidak digunakan dalam bahasa Vietnam, hanya dipakai untuk pinjaman kata-kata asing.

Hampir mirip seperti pada bahasa Thai dan Mandarin, penanda nada harus selalu dipakai dalam abjad Vietnam.

tekanan sedang: tidak ditandai
tekanan jatuh: diberikan aksen jatuh à à
tekanan naik: diberikan aksen naik
à á
dipping: diberikan koma à 
bunyi glottal naik: diberikan bendera
à ã
bunyi glottal jatuh: diberikan titik à 


1 komentar:

Senanya bisa belajar bahasa vietnam

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates