Rabu, 09 Mei 2012

Esperanto XX


Kata keterangan demonstratif cara dan tingkatan.

Kata kerja demonstratif dan tingkata merujuk pada penggunaa kata ganti tiu, yakni tiel yang berarti “begitu”, “seharusnya”. contoh:

cxu oni tiel helpas amikon?
apakah seseorang menolongnya dengan seharusnya?

mi gxin skribis tiel
saya menulis itu dengan seharusnya.

la vetero estas tiel bela
cuacanya begitu bagus

tiel mallonge li parolis
begitu pendeknya ia berbicara

li prenis tiel multe
ia mengambil begitu banyak.

Preposisi yang berkaitan dengan ekspresi pernyataan waktu.

Ada banyak sekali bentuk preposisi dengan berbagai bentuk penggunaan pada berbagai situasi, seperti antaux, cxirkaux, de, en, gxis, inter, post dan je. contoh penggunaan dan perbedaannya:

mi foriros cxirkaux junio
saya akan pergi sekitar bulan juni.

li ne parolis al mi de tiu semajno
ia tidak bicara padaku sejak minggu itu.

en la tuta monato ne negxis
sebulan penuh tidak bersalju

mi dormis gxis malfrua horo
saya tidur hingga kesiangan

gxis nun li ne vidis vin
sampai sekarang ia tidak bertemu kamu

inter marto kaj junio mi iros tien
antara maret hingga juni saya pergi kesana.

je malfrua horo li foriris
pada waktu yang telat ia pergi

mi iros tien je dimancxo
saya akan pergi kesana pada hari minggu

je tiu horo li vokis min
pada jam segitu dia meneleponku

post ne longe mi vokos vin
saya akan segera menelepon anda.

sxi ne restis tie post julio
dia tidak tinggal disini hingga setelah juli

ketika tanggal atau waktu tertentu didefinisikan antaux bermakna “sebelum” ketika dihadapkan pada kuantitas waktu tertentu maka berarti “yang lalu”

antaux dimancxo mi foriros
sebelum minggu saya akan pergi

mi vidis lin antaii tiu horo
aku melihatnya sebelum jam itu.

li skribos gxin antau la nova jaro
ia akan menulis itu sebelum tahun baru.

antaux multaj jaroj mi trovis gxin
bertahun-tahun yang lalu aku menemukannya

mi rompis gxin antaux longa tempo
saya menghancurkan itu beberapa waktu yang lampau.

antaux tre longe vi legis tiun libron
kamu membaca buku itu dulu sekali

li venis antaii ne longe
ia datang baru-baru ini

antaux malmultaj jaroj li forkuris
beberapa tahun yang lalu ia melarikan diri

Kosakata:
dimancxo = minggu, mateno = pagi, rakonto = cerita, ripozi = beristirahat, laca = lelah, labori = bekerja, kota = berlumpur, lundo = senin, mardo = selasa.

1 komentar:

Makasih infonya :)

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates