Jumat, 22 Juni 2012

Bahasa Polandia



Bahasa Polandia (język polski, polszczyzna) adalah bahasa Slavia barat, yang mana berkerabat dekat dengan bahasa Ceko, Slovakia dan bahasa Sorbia. Bahasa ini dituturkan oleh 44 juta orang, serta menjadi bahasa Slavia dengan penutur terbanyak ketiga setelah bahasa Rusia dan bahasa Ukraina. Bahasa ini mayoritas dituturkan Polandia (97% populasi), hal ini menjadikan Polandia adalah negara Eropa dimana keragaman bahasanya sangat rendah. Bahasa Polandia juga secara minoritas dituturkan di Ukraina, Lithuania dan Belarus. Di Vilnius, Lithuania 26% populasinya berbicara bahasa Polandia, komunitas Polandia juga sering ditemui di Ukraina khususnya di kota Lviv dan Lutsk. Di Belarus, bahasa ini dapat didengar di provinsi Brest dan Grodno. Bahkan bahasa Polandia juga dituturkan di Israel, mengingat banyaknya imigran yahudi asal Polandia.


Setelah pembagian tanah Polandia pada tahun 1772 oleh Prusia, Austria dan Rusia. Polandia hilang dari peta dunia. Polandia berhasil meraih kemerdekaannya dua abad kemudian yakni pada tahun 1918, walaupun demikian, kemerdekaan mereka sangat singkat; Polandia diduduki Jerman pada 1939 pada Perang Dunia II. Tanah Polandia sangat penuh perjuangan serta pertumpahan darah dan silih berganti negara yang menguasainya selama berabad-abad, walaupun dijajah cukup lama, bahasa Polandia tidak hilang dan kemudian menjadi bahasa resmi di negeri itu sampai saat ini.


Bahasa Polandia ditulis dengan huruf Latin dengan modifikasi, Bahasa Polandia terkenal karena memiliki sistem pengejaan yang sangat rumit.

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates