Rabu, 25 Januari 2012

keluarga bahasa dunia


Keluarga Bahasa adalah sekelompok bahasa yang memiliki keidentikan dalam segi kosakata, gramatika dan sejarahnya. Hampir setiap bahasa di dunia ini tergolong dalam sebuah keluarga bahasa tertentu. Namun ada juga bahasa-bahasa yang tidak memiliki kerabat, bahasa Ini dinamakan bahasa terisolasi.
persentase penutur bahasa dengan populasi dunia
Berikut ini adalah 10 keluarga bahasa yang paling banyak digunakan didunia oleh warga dunia:

1. Keluarga Bahasa Indo-Eropa
sebaran bahasa Indo-Eropa
Sekitar 46% (sekitar 3 milyar jiwa) warga dunia saat ini menuturkan bahasa Indo-Eropa, bahasa Indo-Eropa saat ini terdiri dari kurang lebih 150 bahasa yang masih hidup (tercatat keseluruhan 439 bahasa). Dengan bahasa Hindi/Urdu, Bengali, Spanyol, Portugis, Prancis, Jerman, Rusia dan Inggris sebagai bahasa mayoritas.
Ditemukan juga bahasa terisolasi dilingkungan bahasa Indo-Eropa, yakni bahasa Basque, bahasa yang dituturkan di sekitar perbatasan Prancis dan Spanyol.

2. Keluarga Bahasa Sino-Tibet
sebaran bahasa Sino-Tibet
Memiliki jumlah penutur sekitar 21% dari keseluruhan warga dunia. Tercatat sekitar 250 bahasa yang masih hidup (keseluruhan bahasa berjumlah 449 bahasa). Termasuk didalamnya bahasa-bahasa di negeri China dan beberapa negara Indo-China.

3. Keluarga Bahasa Niger–Kongo
sebaran bahasa Niger-Kongo
Keluarga Bahasa Niger-Kongo memiliki kurang lebih 1532 bahasa dan hanya sekitar 1000 bahasa yang masih hidup dewasa ini. Bahasa ini dituturkan oleh 6,4% penduduk dunia atau sekitar 400 juta jiwa. Bahasa Swahili, Zulu dan Yoruba masuk ke keluarga bahasa ini.

4. Keluarga Bahasa Afro-Asiatik
sebaran bahasa Afro-Asiatik
Bahasa-bahasa Afro Asiatik dituturkan oleh 6% penduduk dunia atau kira-kira sekitar 270 juta jiwa. Bahasa Arab dan Ibrani masuk kedalam rumpun bahasa ini. Untuk bahasa Arab saja sudah ada 230 penutur. Terdiri dari 240 bahasa yang masih hidup (keseluruhan 374 bahasa).

5. Keluarga Bahasa Austronesia
sebaran bahasa Austronesia
Inilah keluarga bahasa-bahasa di Indonesia kebanyakan! dituturkan oleh sekitar 5,9% penduduk dunia, terdiri dari 1257 bahasa secara keseluruhan, namun hanya sekitar 1000 yang masih hidup. Diluar Indonesia, ada bahasa Hawai, Malagasi, Formosa, Tagalog dan Melayu yang masih berkerabat.

6. Keluarga Bahasa Dravida
sebaran bahasa Dravida
Bahasa ini umumnya dituturkan di Asia Selatan (India) dan terdiri dari 3.7% penutur dari seluruh populasi dunia, bahasa Tamil dan Telugu adalah contoh dari bahasa dravida. Terdiri dari 85 bahasa tercatat, sekitar 25 bahasa yang masih hidup sampai sekarang.

7. Keluarga Bahasa Altaik
sebaran bahasa Altaik
Bahasa Altaik menyebar dari Turki sampai Siberia, ada juga pendapat yang menyatakan sampai ke Korea dan Jepang, namun ini masih menjadi bahan perdebatan, terdiri dari 2.3% penutur dari populasi dunia. Bahasa Gilyak dan Ket adalah bahasa terisolasi dilingkungan bahasa Altaik (lihat gambar) .
9. Keluarga Bahasa Tai–Kadai
sebaran bahasa Tai-Kadai
Dituturkan oleh 100 juta orang jazirah Indo-China, terdiri dari 92 bahasa tercatat dan ada 60 bahasa yang masih hidup. Bahasa Thailand adalah contoh dari rumpun bahasa ini.

8. Keluarga Bahasa Austro-Asiatik
sebaran baahsa Austro-Asiatik
Keluarga bahasa ini terdiri dari 150 bahasa yang masih hidup dan dituturkan oleh sekitar 70 juta jiwa umumnya di jazirah Indo-China. Bahasa Vietnam masuk kedalam keluarga bahasa ini.

Rujukan:


1 komentar:

yang dua lainnya apa aja tuh min ???
Juga bahasa jepang,korea termasuk rumpun bahasa apa ??

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates