Rabu, 25 Januari 2012

Mengenal poliglot terkenal dunia: Giuseppe Caspar Mezzofanti



Giuseppe Caspar Mezzofanti adalah seorang pastur yang berasal dari Italia, seorang ahli bahasa dan hiperpoliglot yang terkenal karena kemampuannya menguasai 38 bahasa. Dia lulus sekolah teologi lebih cepat pada 1797 dan kemudian menjadi profesor bahasa Arab di Universitas Bologna.

Giuseppe Caspar Mezzofanti

Ia lahir 19 September 1774 di Italia dari orang tua seorang tukang kayu. Bakatnya dalam bidang bahasa terlihat selagi muda, yaitu pada saat ia membantu ayahnya, ia mendengar kelas bahasa Yunani dan Latin yang digelar disebelah rumahnya, walau belum pernah mempelajari bahasa itu sebelumnya dan tidak pernah ikut terlibat, Mezzofanti memahami dan menghafal pelajaran yang diberikan di kelas itu dengan sempurna.

Pada usianya yang ke-24, Mezzofanti ditunjuk sebagai profesor bahasa Arab di Universitas Bologna setelah ia ditahbiskan menjadi seorang pastor. Namun jabatannya tidak berlangsung lama. Tentara Napoleon menyerang dan menduduki Italia bagian Utara dan mendirikan negara boneka Republik Cisalpine, tempat Universitas Bologna berada, pembentukan negara itu ditentang golongan pendeta yang mengakibatkan ia dipecat dari universitas oleh otoritas setempat.

Setelah pemakzulannya dari universitas ia mencoba menyambung hidup dengan membuka les bahasa asing kepada keluarga-keluarga bangsawan.

Pada suatu ketika dimana pasukan Austria-Hungaria berhasil memukul mundur tentara Napoleon dari Bologna otomatis Mezzofanti bertemu dengan berbagai tentara dari berbagai negara koalisi dan ia bekerja merawat tentara yang terluka, disana ia mulai mempelajari bahasa Hungaria, Polandia, Ceko, Gipsi, Jerman dan bahasa Rusia dari para pasiennya.

Pada 1807 nama Mezzofanti mulai terdengar keluar ke Italia, salah satu cerita terkenal tentangnya adalah saat ia dipanggil oleh otoritas setempat untuk menerjamahkan ucapan dua orang tersangka asing yang terlibat kasus pembajakan, iya tidak mengerti dengan apa yang diucapkan oleh kedua orang itu, ia kembali kerumahnya dan mempelajari bahasa tersangka asing itu dalam semalaman, dan keesokan harinya ia menemui kedua tersangka itu lagi dan dapat berbincang-bincang dengan keduanya itu dengan fasih.

Fakta tentang Mezzofanti:
1. Ia tidur 3 jam dalam semalam
2. Walaupun tempatnya sedang mengalami musim dingin, ia tidak pernah membiarkan dirinya mendekat dengan perapian ketika sedang belajar.
3. Ketika sedang sendiri, iya berpikir dalam berbagai bahasa yang dia kuasai untuk menjaganya agar tidak lupa.

Reputasi Mezzofanti meningkat dan ia menjadi seorang bangsawan, ia sering mendapat tamu kenegaraan dari berbagai negara eropa dan bercakap-cakap dengan mereka dalam bahasa ibu mereka sendiri.

Ia menguasai 38 bahasa yakni bahasa Inggris, Welsh, Skotlandia, Jerman, Hungaria, Ibrani, Ibrani Kuno, Arab, Kaldea, Koptik, Armenia Kuno, Armenia Modern, Persia, Turki, Malta, Yunani, Gipsi, Latin, Italia, Spanyol, Portugis, Prancis, Swedia, Denmark, Belanda, Flemish, Illyria, Rusia, Polandia, Ceko, China, dsb.

Cardinal Mezzofanti meninggal di Roma pada 1849, kata terakhir yang diucapkan adalah dalam bahasa Italia: Andiamo, andiamo, presto in Paradiso! "Ayo, ayo, segera ke Surga!"


1 komentar:

thank atas infonya.
apakah gan punya daftar-daftar nama poliglot dunia lainnya yang terkenal.

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates