Sabtu, 16 Juli 2011

Bahasa Jerman, kata ganti dalam berbagai kasus













Kata ganti orang dalam berbagai Kasus (bahasa
Jerman)



Nominativ


Akkusativ


Genetiv (Maskulal)


Dativ


Ich (saya)


mich


mein


mir


Du (kamu)


dich


dein


dir


Er (dia [m])


ihn


sein


ihm


sie (dia [f])


sie


ihr


ihr


es (dia [n])


es


sein


ihm


Wir (kami)


uns


unser


uns


Ihr (kalian)


euch


euer


euch


Sie (Anda)


Sie


ihr


ihnen


sie (mereka)


sie


ihr


ihnen


 


kita sudah berkenalan dengan kata ganti orang dalam bentuk
nominativ, yang merupakan bentuk dasar dari sebuah kata ganti orang, kemudian
dari nominativ ini akan diturunkan kedalam tiga kasus lainnya, yakni akkusativ,
genetiv dan dativ.


 


nah, kasus akkusatif ini adalah kasus yang bertindak
sebagai objek, kalau di dalam bahasa Inggris,  padanannya seperti me, you, him,
her, us, you, them.


 


Contoh akkusatif:


Du liebst mich = kamu mencintai saya


Ich liebe dich = Saya mencintai kamu


Ich liebe ihn/sie/es = Saya mencintainya


Sie liebt uns = Ia mencintai kami


Ich liebe euch = Saya mencintai kalian


Ich liebe Sie = Saya mencintai Anda


Ich liebe sie = Saya mencintai mereka


 


Sedangkan kasus genitif (kepemilikan)


Das ist mein Bleistift = itu adalah pensil saya


Das ist dein Brief = itu adalah surat kamu


Das ist sein stuhl = itu adalah kursinya


 


Sebagai kasus datif (objek tak langsung)


Er gibt mir ein buch = Ia memberikan kepadaku
sebuah buku


Du schreibst uns ein brief = Ia menuliskan kepada
kami
sebuah surat






0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Gr's Course

 

Pengikut

Copyright © 2010 Gr's Course

Template By Exercise Equipment Reviews | Elegant Theme | business website templates by Blogger Templates